Hermansyah Ungkap Alasan Pilih Satria Tama Ketimbang Awan Setho

Timnas Indonesia U-19 harus mengakui kekuatan Timnas Myanmar U-19 di laga pertama Grup B Piala AFF U-19 2016 yang digelar di Vietnam Youth Training Center, Hanoi, Senin (12/9/2016). Timnas Indonesia kalah 2-3, di mana gol penentu kemenangan Myanmar terjadi karena blunder kiper pengganti, Satria Tama.

Pelatih kiper Timnas Indonesia U-19, Hermansyah, mengungkapkan alasannya memainkan Satria Tama ketimbang Awan Setho Rahardjo. Dimas Drajad dkk. kalah 2-3 setelah sempat dua kali menyamakan kedudukan pada babak pertama.

Sempat tertinggal lebih dulu, Pandi Lestaluhu sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-15. Namun, Indonesia U-19 harus kehilangan penjaga gawang utamanya, Muhammad Riyandi, yang mengalami cedera karena berbenturan dengan pemain Myanmar.

Satria Tama menjadi pilihan sebagai pengganti Riyandi pada menit ke-23. Namun, hanya selang beberapa menit, pemain Myanmar berhasil menjebol gawangnya. Kendati kembali tertinggal, Timnas Indonesia U-23 kembali menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak, Sandi Pratama dua menit sebelum babak pertama usai.

Namun, pada babak kedua Myanmar berhasil mencetak gol setelah blunder dilakukan oleh sang penjaga gawang, Satria Tama. Tangkapan Satria yang sudah siap mengantisipasi tembakan jarak jauh pemain Myanmar tidak sempurna dan bola mengenai kaki kanannya dan masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Keputusan tim pelatih Timnas U-19 dalam memilih penjaga gawang pun dipertanyakan. Banyak pihak melihat seharusnya Awan Setho, yang juga berpengalaman masuk Timnas Indonesia U-19 pada dua tahun silam, adalah pilihan yang lebih tepat. Namun, pelatih penjaga gawang Timnas Indonesia U-19, Hermansyah, mengungkapkan alasan pemilihan kiper di pertandingan pertama Piala AFF U-19 2016 itu.

“Mengapa saya pilih Riyandi daripada Awan Setho, karena dia yang paling siap dan mentalnya sangat baik jelang laga lawan Myanmar. Lalu mengenai keputusan saya mengganti Riyandi dengan Satria karena Satria juga yang paling siap. Saya punya penilaian dengan mengamati kondisi terakhir ketiga kiper ini,” ujar Hermansyah seperti dalam rilis yang diterima Bola.com, Senin (12/9/2016) malam.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan yang lebih berat pada pertandingan kedua. Thailand akan menjadi lawan Dimas Drajad dkk. di pertandingan kedua yang digelar di Hang Dai Stadium, Hanoi, Rabu (14/9/2016).

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*